BPBD Buka Gerai Vaksin di Bank Penyalur Bantuan

0
79
Advertisement

MAMUJU, binabaca.com-Tenaga pendamping bentukan BPBD Mamuju tak sekadar bekerja memastikan kelengkapan dokumen dari para penerima bantuan.

Plt. Kepala BPBD Mamuju, Muh Taslim Sukirno menyebut, para pendamping itu juga mesti memastikan para penerima bantuan memang telah divaksin.

“Jadi pendamping kami juga itu ada di bank-bank penyalur. Kalau ada penerima bantuan yang belum divaksin, pendamping kami yang kemudian akan mengarahkan yang bersangkutan menuju gerai vaksin yang kami buka di masing-masing bank penyalur,” ucap Taslim, Sabtu (23/10).

Kata Taslim, wajib bagi penerima bantuan untuk menuntaskan jadwal vaksinasinya sebelum menerima dana stimulan. Selain sebagai pengamalan Perpres Nom0r 14 Tahun 2021, langkah itu juga dimaksudkan agar cakupan vaksin di Kabupaten Mamuju bisa semakin luas.

“Kan dicek juga sebelum divaksin. Jadi kami buka gerai vaksin di bank penyalur. Di sana jelas, penerima bantuan dicek dulu kesehatannya. Kalau memang layak, yah divaksin. Tapi kalau memang menurut medis tidak layak, kita tidak paksakan juga,” urai Taslim.

Hasil evaluasi hari pertama penyaluran dana stimulan, kata Taslim, bakal jadi bahan pertimbangan dalam proses penyaluran di hari-hari selanjutnya. Termasuk koordinasi dengan pihak bank penyalur utamanya terkait potensi kerumumanan di masing-masing bank.

“Ini tetap kita evaluasi. Kalau memungkinkan (tidak terjadi kerumunan), akan kita tambah kuota penerima bantuan tiap harinya. Kecuali kalau misalnya justru menciptakan kerumunan, nanti akan kami sesuaikan,” beber mantan aktivis HMI itu.

“Prinsipnya, kami tidak akan menahan berkas dari masyarakat. Begitu dinyatakan lengkap, yah akan segera diproses untuk segera dicairkan,” pungkas Muh Taslim Sukirno.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here