KPU Sulbar Kukuhkan Kader dan Lokus ‘Salili’

0
12
Advertisement

MAMUJU, BinaBaca.com — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Barat mengukuhkan 25 kader Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (Salili). Nantinya, kader-kader yang didominasi pemilih muda ini dapat menjadi corong KPU untuk mengkampanyekan demokrasi yang sehat.

Pengukuhan kader dirangkaikan dengan peresmian lokus Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (Salili) yang dilaksanakan di Desa Tadui, Kecamatan Mamuju, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat.

Ketua KPU Provinsi Sulawesi Barat Rustang mengatakan, Desa Tadui sebagai pilot project pendidikan pemilih di Sulawesi Barat. Kebaikan-kebaikan, pemahaman-pemahaman kepemiluan yang disampaikan oleh pemateri dari kegiatan ini, diharapkan lahir kader-kader demokrasi yang pemahaman dan pengetahuan tentang pemilu, mau pemilihan bisa merata di desa dan selanjutnya menular ke desa tetangga.

“Kenapa di desa ini, diharapkan akumulasi dari peserta¬† berbagai unsur itu menjadi kolaborasi di manapun. Kita berharap kedaulatan rakyat, Tadui bisa menjadi warna tersendiri, bahwa kedaulatan itu ada di tangan rakyat berdasarkan UU 1945,” kata Rustang dalam sambutannya di Balai Desa Tadui, Selasa (9/11/2021).

Ia menjelaskan, salah satu yang bisa dikatakan bahwa masyarakat benar-benar berdaulat, jika bisa memilih berdasarkan pemahaman dan kecerdasannya, bukan karena iming-iming.

“Kenapa partisipasi perlu, karena saat masyarakat menggunakan hak pilihnya, mereka merasa bertanggung jawab, ikut mengawasi pembangunan. Salah satu teori politik dari desa mengepung kota, kalau desa bagus kecamatan bagus, kalau kecamatan bagus kabupaten bagus, begitupun selanjutnya,” tutupnya.

Komisioner KPU Sulbar Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilihan dan SDM Adi Arwan Alimin mengatakan, pembekalan kader Program Salili diharapkan dapat memahami peran dan fungsinya. “Ini juga menjadi bagian dari upaya untuk merekrut calon penyelenggara pemilihan di Pemilu yang akan datang. Kader ‘Salili’ kita harapkan akan memiliki kemampuan atau kompetensi bidang kepemiluan.”

Hadir dalam kegiatan tersebut, Komisioner KPU Sulbar Sukmawati M Sila, Sa’id Usman Umar dan Farhanuddin. Sekertaris KPU Sulbar Dr Bakhtiar bersama jajaran turut hadir dalam kegiatan tersebut, juga Kesbangpol, KPU Kabupaten Mamuju, Pemerintah kecamatan dan desa.(Adhi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here