Tolak TPA, Warga di Polman Blokade Jalan

0
63
(Foto: Opsi/ist)
Advertisement

Polman, Banuaupdate.com – Tolak Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah, warga di Kecamatan Balanipa, Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat (Sulbar), memblokade jalan.

“Kami tetap berjaga di akses menuju TPA tersebut,” kata seorang warga, Alfin, Minggu, 9 Januari 2022.

Alfin mengungkapkan, pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Polman masih bersikukuh menetapkan pemindahan TPA ke Kecamatan Balanipa.

“Meskipun, kami sudah melakukan penolakan bahkan menutup akses menuju TPA ini,” katanya.

Ia berharap, Pemkab Polman segera mencabut penetapan TPA di Kelurahan Balanipa, Kecamatan Balanipa, Polman Sulbar.

“Tarik alat-alat berat dari Balanipa dan batalkan penetapan TPA,” kata Alfin.

Untuk diketahui, TPA sampah sebelumnya berada di Kecamatan Binuang Polman Sulbar, namun ditolak warga karena pengelolaan sampah tersebut tidak maksimal dan menimbulkan bau busuk yang menggangu aktifitas warga.

Akibat penolakan warga di Kecamatan Binuang, Pemkab Polman mengambil langkah untuk memindahkan TPA sampah ke Kecamatan Luyo.

Warga Kecamatan Luyo langsung menanggapi pemindahan TPA sampah tersebut dengan menolaknya karena pengalaman yang dirasakan warga Kecamatan Binuang.

Sehingga, Pemkab Polman kembali menetapkan pemindahan TPA sampah ke Kecamatan Balanipa. Pemindahan TPA tersebut mendapat respon yang baik dari pemerintah Kecamatan Balanipa dan menerimanya.

Namun, respon yang baik dari pemerintah Kecamatan Balanipa mendapat penolakan dari masyarakat, hingga membentuk sebuah aliansi untuk melakukan penolakan.

Warga yang memblokade akses menuju TPA sampah di Kecamatan Balanipa, Polman Sulbar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here