Tentara Burkina Faso Umumkan Penggulingan Presiden Roch Kabore

0
69
Advertisement

Tentara Burkina Faso mengeklaim pihaknya telah berhasil menggulingkan Presiden Roch Kabore. Mereka juga mengumumkan penangguhan konstitusi, pembubaran pemerintah dan majelis nasional, dan menutup perbatasan negara.

Pernyataan itu dibuat atas nama entitas yang sebelumnya tidak pernah terdengar yakni Gerakan Patriotik untuk Perlindungan dan Pemulihan atau MPSR yang merupakan akronim dari bahasa Prancisnya.

Pernyataan ini ditandatangani oleh Letnan Kolonel Paul-Henri Sandaogo Damiba dan dibacakan oleh petugas lain di televisi pemerintah. Mereka menyebut kudeta dilakukan tanpa kekerasan dan bahwa orang-orang yang ditahan berada di lokasi yang aman.

“MPSR, yang mencakup semua bagian tentara, telah memutuskan untuk mengakhiri jabatan Presiden Kabore hari ini,” berikut pengumuman MPSR dikutip dari Reuters, Senin (24/1).

Tentara Burkina Faso Umumkan Penggulingan Presiden Roch Kabore (1)

Perbesar

Tentara Burkina Faso kehormatan berdiri saat Kolonel-Mayor Gilbert Ouedraogo, Kepala Staf Angkatan Darat yang baru, memberi hormat mengambil alih komando di Ouagadougou, pada 12 Oktober 2021. Foto: OLYMPIA DE MAISMONT / AFP

Hingga kini, keberadaan Kabore masih belum diketahui. Ada berbagai laporan simpang siur soal kondisinya saat ini.

Pengumuman tersebut menandakan situasi keamanan yang memburuk di Burkina Faso. Ini pun disebut mengungkap ketidakmampuan Kabore dalam menyatukan negara Afrika Barat dan menanggapi tantangan secara efektif, termasuk pemberontakan Islam.

MPSR berjanji akan menyusun jadwal untuk kembali ke tatanan konstitusional dalam jangka waktu yang wajar, setelah berkonsultasi dengan berbagai bagian bangsa.

Kendati di sisi lain, Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengutuk keras setiap upaya pengambilalihan pemerintah dengan kekuatan senjata di Burkina Faso.

“Ia menyerukan para pemimpin kudeta untuk meletakkan senjata mereka,” kata seorang juru bicara PBB.

Tentara pemberontak telah menggulingkan pemerintah selama 18 bulan terakhir di Mali dan Guinea. Gerakan militer sejenis juga mengambil alih Chad tahun lalu setelah Presiden Idriss Deby tewas dalam pertempuran melawan pemberontak di medan perang di utara negara itu.

Burkina Faso adalah salah satu negara termiskin di Afrika Barat. Meski merupakan produsen emas, negara ini telah mengalami banyak kudeta sejak kemerdekaan dari Prancis pada tahun 1960.

Kabore Disebut Selamat dari Baku Tembak, Kini Mengundurkan Diri

Sebelumnya, Tentara yang memberontak dilaporkan menyekap Presiden Burkina Faso Roch Kabore di salah satu kamp militer. Laporan tersebut diungkap dua sumber keamanan Burkina Faso dan seorang diplomat negara Afrika Barat kepada Reuters.

Penyekapan Kabore terjadi usai suara tembakan terdengar di sekitar Istana Kepresidenan. Menurut laporan saksi mata yang tinggal di sekitar tempat tinggal Presiden di ibu kota Ouagadougou, sepanjang malam kemarin terjadi baku tembak.

Tentara Burkina Faso Umumkan Penggulingan Presiden Roch Kabore (2)

Perbesar

Suasana jalan yang di barikade di Ouagadougou oleh sekelompok pemuda yang mendukung peran tentara, Minggu (23/1/2022). Foto: Olympia De Maismont/AFP

Pihak Kabore mengatakan Kabore selamat dari upaya pembunuhan, tetapi tidak memberikan rincian. Pihak tersebut juga mengatakan tempat tinggal pribadi Kabore telah diambil alih.

Empat sumber keamanan dan politik mengatakan kepada Reuters bahwa Kabore telah mengundurkan diri. Namun, belum ada konfirmasi lebih rinci terkait hal ini.

Source : kumparan.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here