Kata Ketua MUI soal Dorce Minta Dimakamkan Secara Perempuan

0
52
Ketua Komisi Dakwah MUI Cholil Nafis. Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan
Advertisement

Ketua MUI KH Muhammad Cholil Nafis menanggapi soal keinginan Artis senior Dorce Gamalama, yang meminta dimakamkan sebagai perempuan apabila meninggal dunia.

Cholil Nafis menyatakan hal itu tidak bisa. Sebab, pergantian jenis kelamin dalam Islam tidak diakui. Sehingga, apabila seorang transgender meninggal dunia, akan tetap dimakamkan sebagaimana jenis kelamin awalnya.

Hal ini disampaikan Cholil Nafis melalui akun Twitter pribadinya @cholilnafis.

“Jenazah transgender itu diurus sebagaimana jenis kelamin awal dan asalnya ya. Jadi mengubah kelamin itu tak diakui dalam Islam sehingga ia hukumnya tetap seperti jenis kelamin pertama,” kata Cholil Nafis, dikutip kumparan pada Minggu (30/1).

“Laki-laki yang pindah perempuan disebut mukhannats dan perempuan yang mengubah ke laki-laku itu mutarajjil,” sambungnya.

Dorce Gamalama saat ini tengah mengalami sakit. Dia sudah siap dengan kemungkinan terburuk yang terjadi pada dirinya terkait kondisi kesehatannya.

Terkait hal itu, Dorce Gamalama juga menyampaikan pesan kepada anak-anaknya.

“Saya sudah bilang sama anak-anak, ‘Kamu jangan nyakitin mama, karena umur mama enggak panjang’,” kata Dorce seperti dikutip dari kanal YouTube Curhat Bang Denny Sumargo.

Source : www.kumparan.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here