Laba Pfizer Tahun 2021 Berlipat Ganda Karena Penjualan Vaksin COVID-19

0
48
Logo Pfizer di kantornya di kawasan Manhattan borough, New York, 29 Oktober 2015. (REUTERS/Carlo Allegri)
Advertisement

Pembuat vaksin Pfizer, Selasa (8/2) memperkirakan penjualan vaksin dan terapi COVID-19-nya akan bernilai lebih dari $50 miliar pada 2022, sementara perusahaan farmasi raksasa itu melaporkan keuntungan tahunannya lebih dari dua kali lipat akibat penjualan vaksinnya yang laris.

Pfizer bersama perusahaan Jerman BioNTech yang disetujui untuk membuat vaksin pertama melawan virus corona yang mematikan itu, mencatat pendapatan tahun 2022 agak turun untuk vaksin dibandingkan tahun lalu, tetapi memperoleh pendapatan besar dari Paxlovid, pil untuk COVID-19 buatan perusahaan itu.

“2021 adalah tahun yang penting bagi Pfizer,” kata CEO Albert Bourla dalam sebuah pernyataan. “Keberhasilan kami dalam memimpin perang melawan COVID-19 tidak hanya menciptakan sesuatu yang positif di dunia. Tetapi saya yakin vaksin Pfizer secara mendasar telah mengubah perusahaan kami selamanya,” ujarnya.

Pfizer melaporkan laba tahunan $22 miliar, dua kali lipat dari tingkat tahun 2020. Pendapatan tahunan hampir dua kali lipat menjadi $ 81,3 miliar, dengan $36,8 miliar dari vaksin COVID-19.

Bourla mengatakan, kini perusahaannya sedang mengembangkan calon vaksin baru untuk varian Omicron, serta “pengobatan COVID-19 melalui mulut sebagai obat generasi baru yang potensial.” [ps/jm]

Source : www.voaindonesia.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here