AS Beri Bantuan Senjata Senilai $200 Juta Untuk Ukraina

0
85
Bantuan militer, yang dikirim sebagai bagian dari bantuan keamanan Amerika Serikat ke Ukraina, diturunkan dari pesawat di Bandara Internasional Boryspil di luar Kyiv, Ukraina, 13 Februari 2022. (Foto: REUTERS/Serhiy Takhmazov)
Advertisement

Amerika Serikat (AS) pada Sabtu (12/3) mengatakan akan segera menyalurkan $200 juta dalam bentuk senjata kecil, senjata anti-tank dan senjata anti-pesawat kepada Ukraina. Bantuan itu diberikan ketika para pejabat Ukraina memohon lebih banyak perangkat untuk membela diri dari gempuran hebat pasukan Rusia.

Presiden AS Joe Biden pada Sabtu (12/3) mengotorisasi bantuan keamanan tambahan itu, kata Gedung Putih. Langkah itu membuka jalan bagi pengiriman “segera” perangkat militer baru ke Ukraina, kata seorang pejabat pemerintahan senior.

Dengan demikian, total bantuan keamanan AS yang diberikan kepada Ukraina menjadi $1,2 miliar sejak Januari 2021, dan menjadi $3,2 miliar sejak 2014, ketika Rusia mencaplok kawasan Krimea di Ukraina, menurut para pejabat senior pemerintah.

Dalam sebuah memorandum kepada Menteri Luar Negeri Antony Blinken, Biden memerintahkan agar dana hingga $200 juta yang dialokasikan melalui UU Bantuan Asing itu, disalurkan untuk pertahanan Ukraina.

Dana itu bisa digunakan untuk persenjataan dan bahan-bahan lain dari pasokan Departemen Pertahanan, serta pendidikan dan pelatihan militer untuk membantu Ukraina melawan invasi Rusia, yang kini memasuki pekan ketiga.

Pentagon menolak berkomentar, melemparkan segala pertanyaan ke Gedung Putih dan Departemen Luar Negeri. [vm/ah]

Source : www.voaindonesia.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here