Bareskrim Tahan Guru Indra Kenz, Fakar Suhartami, Terkait Kasus Binomo

0
60
Fakar Suhartami. Foto: Instagram/@fakarlch
Advertisement

Dittipideksus Bareskrim Polri menetapkan Fakar Suhartami sebagai tersangka kasus aplikasi trading Binomo, Senin (4/4). Guru Indra Kenz tersebut ditetapkan jadi tersangka usai penyidik melakukan gelar perkara.

Dirtipideksus Bareskrim Polri Brigjen Pol Whisnu Hermawan mengatakan, Fakar Suhartami akan ditahan terhitung mulai Selasa (5/4). Fakar akan langsung dijebloskan ke Rutan Bareskrim.

“Iya, besok (mulai ditahan),” kata Whisnu kepada kumparan.

Whisnu menuturkan, saat ini Fakar masih diperiksa penyidik usai ditetapkan sebagai tersangka. Penetapan Fakar sebagai tersangka setelah penyidik mengantongi 2 alat bukti penting.

“Jadi tersangka sekarang ternyata hasil pemeriksaan diketemukan 2 alat bukti. Akhirnya ditetapkan jadi tersangka,” ujarnya tanpa menjelaskan pasal yang dikenakan untuk Fakar.

Fakar selama ini diketahui merupakan Guru Indra Kenz. Dia lah yang diduga membimbing crazy rich abal-abal tersebut menjadi afiliator Binomo.

Sosok Fakar Suhartami

Dalam sebuah video yang diposting akun Youtube Indra Kesuma pada 6 Maret 2022 dengan judul “CERITA AWAL MENGENAL TRADING DARI MISKIN SAMPAI JADI MILIARDER”, Fakar mengatakan ia mengenal dunia trading sejak 2015.

“Aku kenal trading itu sudah dari 2015. Aku dulu pemain dari Medan Trader, forex. Aku main dari sana. Aku pernah ikut les privat dari ARA Hunter,” kata Fakar.

Dari hasil lesnya itu dia mencoba membuat program sendiri untuk bermain binary option. Fakar pertama kali bermain binary option di Olymptrade. Namun karena kesulitan untuk membobol program tersebut, ia akhirnya berpindah ke Binomo.

“Olymptrade itu paling susah dibobol, itu alasannya aku enggak bikin robot di Olymptrade. Sistem mereka lebih kuat. Makanya akhirnya aku pindah ke Binomo. Makanya aku keluar [luncurkan] robot Binomo,” kata Fakar.

Fakar diketahui memiliki situs Fakartrading.com (PT Fakar Edukasi Pratama). Di sana ia mempromosikan buku hasil tulisannya, robot trading, video trading, dan kelas trading.

“Saya Fakar Suhartami Pratama. Saya seorang Designer, Pembisnis dan juga praktisi trading,” tulis Fakar di halaman muka situs tersebut.

Pria 30 tahun itu mengeklaim bisa menghasilkan Rp 8 miliar dalam 3 tahun dari teknik trading yang diciptakannya. Dia juga mengeklaim memiliki banyak murid yang sukses di dunia trading.

Ia menuturkan perjalanan kariernya tidaklah mulus. Ia mengaku pernah ditipu hingga hampir depresi.

“Pada tahun 2017, saya mengalami masalah financial yang membuat saya depresi. Saya ditipu oleh orang yang sudah saya percayai dan membawa kabur uang saya. Yang di mana uang tersebut untuk digunakan memberangkatkan ibu saya umrah. Tapi saya yakin dan percaya saya bisa bangkit, dan di saat itulah saya mengenal trading,” tulis Fakar di situs Fakartrading.com.

Dari sumber lain Fakar mengaku hidupnya susah sewaktu SMA. Orang tuanya bercerai.

Ibunya, Ambar Anggriati, hanyalah penjual lontong yang untuk mendapatkan uang Rp 50 ribu saja sangat sulit. Fakar mengaku pernah selama 3 bulan hanya makan mi instan yang dibagi dua dalam sehari untuk makan siang dan makan malam.

Sebelum terjun di dunia trading, Fakar yang merupakan anak tunggal ini pernah bekerja sebagai tukang cuci piring, menjadi office boy hingga jual keripik. Itu ia lakukan setelah tamat sekolah.

Source : www.kumparan.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here