Semen Indonesia Impor Kertas Kraft dari Rusia, Anggota DPR: Pantas Jokowi Marah

0
26
Pekerja menata sak semen di atas truk di Pabrik Semen Gresik, Tuban, Jawa Timur, Kamis (2/8). Foto: ANTARA FOTO/Moch Asim
Advertisement

Anggota Komisi VII DPR RI Abdul Kadir Karding menyoroti soal ketergantungan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk terhadap kertas kraft dari Rusia. Kertas tersebut digunakan sebagai bahan baku kertas bungkusan produk semen.

Menurut Direktur Utama Semen Indonesia Donny Arsal, saat ini suplai dari Rusia terhenti lantaran tengah terjadinya konflik dengan Ukraina.

Karding kemudian menyela dengan mempertanyakan apakah tidak memungkinkan kertas tersebut diproduksi dalam negeri. Politikus PKB itu kemudian mengingatkan lagi kemarahan Presiden Jokowi soal masih tingginya impor.

“Sesungguhnya ini agak memalukan, karena ini bangsa besar, apa pun alasannya masa kita enggak bisa produksi. Yang lebih parah lagi, ini dipakai BUMN kita, pantas Pak Jokowi marah soal impor, ini ternyata,” ujarnya dalam rapat yang disiarkan virtual, Senin (12/4).

Semen Indonesia Impor Kertas Kraft dari Rusia, Anggota DPR: Pantas Jokowi Marah (1)
Semen Tonasa Foto: Antara/Eric Ireng

Menjawab komentar tersebut, Donny menjelaskan bahwa kertas kraft asal Rusia ini sudah dipakai sejak masa awal produksi. Menurutnya, saat ini cukup sulit untuk mendapatkan kertas yang spesifik jenis long paper.

Setidaknya, kata Donny, dana yang digelontorkan tiap tahunnya mendatangkan kertas tersebut adalah sebesar Rp 960 miliar.

“Untuk kraft Rp 960 miliar, berhentinya suplai karena perang. Sekarang kita coba mengganti bahan lain namanya woven, stok kraft kita masih sampai Q3 2022,” pungkas Donny.

Menurut Donny, ketergantungan akan kertas impor ini dulunya sempat bisa diminimalisir dengan keberadaan perusahaan kertas kraft aceh. BUMN penghasil kertas itu belum lama ini sudah ditutup oleh Menteri BUMN Erick Thohir karena mengalami kebangkrutan.

“Untuk Indonesia belum memungkinkan, mungkin bahan bakunya agak spesifik untuk yang long paper itu, Pak,” pungkas bos Semen Indonesia.

Source : www.kumparan.com

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here