Media Ternama Italia Sorot JIS: Salah Satu Stadion Terbesar di Dunia

0
33
Jakarta International Stadium (JIS) di Jakarta, pada 17 April 2022. Foto: Adek Berry/AFP
Advertisement


Jakarta International Stadium
 (JIS) mulai dikenal secara mancanegara. Sebuah media ternama Italia, Sky Sport Italia, bahkan sampai membuat artikel khusus tentang stadion yang terletak di Tanjung Priok, Jakarta Utara, itu.

Pada 22 April 2022, Sky Sport Italia menulis artikel berjudul “Jakarta, il nuovo stadio (tra i più grandi al mondo) tra tetto retrattile e agricoltura” atau dalam Bahasa Indonesia berarti “Jakarta, stadion baru (di antara yang terbesar di dunia) antara atap yang dapat dibuka dan pertanian”. Mereka membahasnya rinci.

Sky Sport Italia menyebut JIS sebagai stadionnya Persija Jakarta, tim yang pernah dilatih Angelo Alessio. Mereka juga menjelaskan bahwa JIS berkapasitas 82.000 penonton.

“Di sisi lain, kita berbicara tentang keunggulan: Jakarta International Stadium memiliki atap yang dapat dibuka terbesar di Asia dan terbesar kedua di dunia setelah Stadion AT&T di Arlington, Texas,” tulis Sky Sport Italia.

Media Ternama Italia Sorot JIS: Salah Satu Stadion Terbesar di Dunia (1)
Kondisi Jakarta International Stadium kala menggelar Internasional Youth Championship 2021. Foto: Jodi Hermawan/kumparan

Sky Sport Italia juga menyoroti letak JIS yang dekat dengan persawahan. Bagi mereka, ini menjadi keunikan tersendiri.

“Ini adalah keunikan besar lainnya dari stadion baru ini: penciptaan kompleks berjalan seiring dengan pembangunan kembali daerah sekitarnya, yang didedikasikan untuk pertanian,” jelas media Italia tersebut.

International Youth Championship (IYC) 2021 yang berlangsung pada April 2022 menjadi turnamen sepak bola pertama di JIS. Ajang ini sukses digelar. Ada 4 tim yang berpartisipasi, yakni Indonesia All Star, Bali United U-18, Atletico Madrid U-18, dan Barcelona U-18. Tim yang disebut terakhir jadi juara.

Media Ternama Italia Sorot JIS: Salah Satu Stadion Terbesar di Dunia (2)
Selebrasi pemain Barcelona U-18 usai menjadi juara International Youth Championship (IYC) 2021 mengalahkan Atletico Madrid U-18 di Jakarta International Stadium, Jakarta, Selasa (19/4/2022). Foto: Hafidz Mubarak A/ANTARA FOTO

Ketua Pelaksana IYC 2021, Gede Widiade, menerangkan bahwa turnamen ini memang untuk mempromosikan JIS sebagai salah satu stadion sepak bola megah di Indonesia.

“Tujuan kami charity, menginformasikan kepada dunia soal penanganan COVID-19 di Indonesia yang sangat bagus dan launcing JIS,” tutur Gede kepada wartawan pada 10 April lalu.

Source : www.kumparan.com

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here