Bulog Dapat Tugas Distribusikan Minyak Goreng Curah, Erick Thohir Buka Suara

0
59
Menteri BUMN, Erick Thohir, mengecek stok kesediaan beras di Gudang Bulog. Foto: Helmi Afandi Abdullah/kumparan
Advertisement

Pemerintah mengumumkan kebijakan larangan ekspor bahan baku minyak goreng termasuk CPO, RPO, RBD Palm Olein dan turunan lainnya. Adapun untuk pendistribusian minyak goreng curah dalam negeri pemerintah memberikan penugasan untuk BUMN Perum Bulog.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan kini Kementerian BUMN tengah menunggu detail penugasan yang diberikan pemerintah tersebut. Dia juga mengatakan, pihaknya mendukung keputusan pemerintah untuk membuat larangan ekspor itu.

“Jadi Insyaallah pemerintah akan cari jalan yang terbaik. Kami dari Kementerian BUMN tentu mendukung kebijakan ini dan kami sedang menunggu penugasan seperti apa untuk Bulog,” kata Erick saat ditemui wartawan di Masjid At-Thohir, Depok, Rabu (27/4).

Bulog Dapat Tugas Distribusikan Minyak Goreng Curah, Erick Thohir Buka Suara (1)
Menteri BUMN Erick Thohir. Foto: Akbar Maulana/kumparan

Kendati memiliki kemampuan pendistribusian, Erick mengatakan, Bulog tidak bisa menjangkau seluruh pasar minyak goreng. Sehingga Kementerian BUMN tidak mungkin bekerja sendiri.

“Bulog itu memang ada di 34 provinsi dan tentu punya kemampuan mendistribusikan. Tapi kan kita tahu kemampuan kita hanya 10 sampai 30 persen dari pasar. Tentu tak mungkin kerja sendiri,” kata dia.

Untuk itu, dengan kemampuan distribusi yang terbatas itu Erick mengatakan, saat ini Kementerian BUMN mempelajari dulu sembari melihat penugasan apa nantinya yang diberikan.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah akan memberikan penugasan Perum Bulog untuk melakukan distribusi minyak goreng curah kepada masyarakat di pasar-pasar tradisional terutama di wilayah produsen yang tak punya jaringan distribusi.

“Jadi kepada produsen yang biasanya ekspor tapi tidak punya jaringan distribusi maka diberikan penugasan kepada Bulog untuk melakukan distribusinya,” kata Airlangga dalam konferensi pers, Selasa (26/4).

Source : www.kumparan.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here