Israel Umumkan Kasus Pertama Cacar Monyet: Pria Baru Pulang dari Eropa Barat

0
21
Sebuah gambar yang dibuat selama penyelidikan wabah cacar monyet, yang terjadi di Republik Demokratik Kongo (DRC), 1996 hingga 1997, menunjukkan tangan seorang pasien dengan ruam akibat cacar monyet. Foto: Reuters
Advertisement

Israel melaporkan kasus pertama cacar monyet pada Sabtu (21/5). Kasus pertama adalah seorang pria berusia 30 tahun.

Dikutip dari Reuters, Minggu (22/5), pria itu baru saja tiba dari Eropa Barat.

“Kasusnya adalah seorang pria berusia 30-an yang telah kembali dari perjalanan di Eropa barat,” kata Tel Aviv Sourasky Medical Center – Ichilov.

Pria itu saat ini menjalani karantina. Sedangkan kondisinya disebut mengalami gejala ringan.

Menteri Kesehatan Israel Nitzan Horowitz mengatakan, mereka sudah menyiapkan beberapa ratus vaksin, terutama untuk staf medis yang merawat pasien cacar monyet.

“Ini bukan pandemi, tidak seperti virus corona,” kata Horowitz.

Hanya saja, dia tidak memberikan rincian vaksin apa yang Israel siapkan. Namun, ia menjamin vaksin itu dapat melindungi dari cacar monyet.

Israel Umumkan Kasus Pertama Cacar Monyet: Pria Baru Pulang dari Eropa Barat (1)
Infografik Waspada Cacar Monyet. Foto: kumparan

Penyakit langka Cacar Monyet (Monkeypox) sedang marak di benua Eropa. Sejak terkonfirmasi pertama kali di Inggris pada 12 Mei 2022, wabah ganas ini sudah menyebar di beberapa negara Eropa lain, seperti Portugal, Spanyol, Kanada, dan Amerika Serikat.

Cacar monyet merupakan infeksi virus yang tergolong langka menginfeksi manusia. Penyakit ini pertama kali ditemukan di Kongo pada tahun 1970. Kasus Cacar monyet termasuk penyakit dengan penularan antar-manusia yang langka.

Ketika manusia terinfeksi virus cacar monyet, tubuh akan mengalami gejala seperti demam, sakit kepala, sakit punggung, pembengkakan kelenjar getah bening, panas dingin hingga kelelahan. Ada juga gejala fisik seperti ruam di kulit —gejala yang identik dengan cacar. Penyakit akan berlangsung selama dua hingga empat minggu.

Virus cacar monyet ini menyebar lewat cairan tubuh, lesi kulit pasien, atau infeksi dari benda yang terkontaminasi.

Source : www.kumparan.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here