Hasto soal Gibran Maju di Pilgub DKI: Pemimpin Harus Tunjukkan Kapasitasnya

0
64
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (kanan) bersama Raja Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat Pakubowono XIII (kiri) menghadiri peluncuran Atraksi Budaya Prajurit Solo di halaman keraton setempat, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (6/11/2021). Foto: Maulana Surya/ANTARA FOTO

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka diisukan akan menjadi cagub DKI Jakarta. Namun sampai saat ini, belum ada kepastian apakah Gibran akan maju pada Pilgub DKI 2024.

Terkait hal itu, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan setiap pemimpin yang akan diusung harus terlebih dahulu menunjukkan sifat kepemimpinannya untuk membangun kemajuan bagi wilayah yang akan dipimpin ke depannya.

“Ya, setiap pemimpin harus menunjukkan kapasitas kepemimpinannya. Istilah populernya harus membangun legacy, membangun kemajuan bagi wilayahnya,” kata Hasto di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Kamis (16/6).

“Di situlah setianya pemimpin akan mengalami ujian-ujian termasuk Mas Gibran. Sehingga dalam konteks pilkada tahapannya itu, kan, pileg, pilpres kemudian baru pilkada pada bulan November,” tambahnya.

Lebih lanjut, Hasto menjelaskan saat ini seluruh kepala daerah PDIP harus memiliki komitmen yang kuat agar siap menghadapi permasalahan di lapangan jika menjadi pemimpin ke depannya.

“Seluruh kepala daerah PDIP hari ini yang bisa hadir 215 [orang] banyak yang juga belum bisa hadir, karena kami bagi dua gelombang itu harus menegaskan komitmennya dan terus mengasah kemampuan kepemimpinannya ketika menghadapi ujian-ujian di lapangan,” jelasnya.

Untuk itu, Hasto berharap setiap kepala daerah sedang menjabat atau yang akan menjabat ke depannya harus memiliki sikap disiplin sesuai dengan arahan partai.

“Tentunya pemimpin tersebut tetap kokoh, tetap berdisiplin termasuk pada jalan kepartaian itu,” pungkasnya.

Hasto soal Gibran Maju di Pilgub DKI: Pemimpin Harus Tunjukkan Kapasitasnya (1)
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka saat menghadiri upacara pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo. Foto: ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka intens bertemu dengan tiga ketum partai politik pada Maret 2022. Pada 24 Maret 2022, Gibran bertemu Ketum Golkar Airlangga Hartarto di Diamond Hotel, Solo.

Kemudian pada 26 Maret 2022, Gibran bertemu Ketum Perindo Hary Tanoesoedibjo di Inna Garuda Hotel Yogyakarta. Terakhir, Gibran bertemu Ketum PAN Zulkifli Hasan di rumah dinas Loji Gandrung pada 28 Maret 2022.

Gibran mengaku dari pertemuan dengan ketiga ketum parpol itu ada pembicaraan terkait Pilgub Jateng dan Pilgub DKI Jakarta.

“Yang pasti pertemuan itu untuk silaturahmi dengan pimpinan parpol jelang Ramadhan,” ujar Gibran di Loji Gandrung, Senin (28/3).

“Untuk pemilu enggak ada pembicaraan. Banyak, bahas tentang Partai Perindo di Solo sama beliau (Hary Tanoesoedibjo). Juga ada pembicaraan Jateng dan DKI (Pilgub) serta lainnya,” kata dia.

Disinggung apakah akan menerima pinangan parpol maju di Pilgub Jateng atau DKI, Gibran menegaskan masih terlalu dini membicarakan soal itu. Gibran mengatakan baru setahun memimpin Pemkot Solo dan masih banyak yang harus dibenahi.

“Saya di sini aja (Solo). Kita benahi Solo dulu, ya, santai aja, saya enggak ke mana-mana,” kata dia.

Source : www.kumparan.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here