Mappatoppo, Budaya Jemaah Bugis-Makassar Diwisuda di Makkah Setelah Berhaji

0
15
Mapatoppo, adat bugis wisuda bagi yang sudah berhaji. Foto: MCH 2022
Advertisement

Jemaah haji asal Bugis-Makassar, menggelar wisuda setelah menyelesaikan seluruh rangkaian ibadah haji yang disebut Mappatoppo. Budaya khas tahunan ini dilakukan para jemaah asal Makassar di Makkah.

Mappatoppo di antaranya digelar di Hotel Tharawat Al Taqwa (201) tempat yang banyak dihuni jemaah asal Makassar. Tradisi ini dilakukan dengan meletakkan peci atau sorban bagi jemaah laki-laki atau cipo-cipo kudung bagi jemaah perempuan.

Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH), Arsad Hidayat, menyebut tradisi Mappatoppo adalah tradisi Bugis-Makassar setelah mereka menyandang predikat haji bagi pria atau hajjah bagi wanita.

Mappatoppo, Budaya Jemaah Bugis-Makassar Diwisuda di Makkah Setelah Berhaji (1)
Mapatoppo, adat bugis wisuda bagi yang sudah berhaji. Foto: MCH 2022

“Pesan dari acara ini sangat bagus sekali walaupun ini budaya tapi penuh nilai agama. Jadi pesannya ada proses transformasi dari seseorang yang sebelumnya bukan haji menjadi seorang haji,” ucap Arsad Hidayat di lokasi acara.

“Ada kesesuaian dengan pesan haji mabrur. Haji mabrur itu orang-orang mendapatkan predikat dari Allah SWT yang setelah proses haji itu banyak sekali perubahan-perubahan dalam perilaku hidupnya, dalam akhlaknya, dalam kebiasaan, dalam kesehariannya,” imbuhnya.

Menurutnya peletakan peci atau cipo-cipo hanyalah simbol bahwa harus ada perubahan sekembalinya jemaah ke kampung halaman menjadi muslim yang lebih baik.

“Perilaku yang dilakukan Bapak-Bapak dalam acara tersebut harus menjadi barometer dalam kebaikannya, dalam silaturahminya, dalam kebiasaannya melaksanakan salat berjamaah, dalam menginisiasi dalam perbuatan kebaikan berinfaq, kerja sosial, membantu orang yang dalam kesulitan. Itu saya kira pesan yang ingin disampaikan dalam acara Mappatoppo tersebut,” paparnya.

Mappatoppo, Budaya Jemaah Bugis-Makassar Diwisuda di Makkah Setelah Berhaji (2)
Mapatoppo, adat bugis wisuda bagi yang sudah berhaji. Foto: MCH 2022

 

Source : www.kumparan.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here