Sebanyak 26 Sandeq dari Sulbar Siap Berlabuh di IKN dalam Sebuah Festival

0
9
Advertisement

Mamuju – Sebanyak 26 Sandeq dari Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat (Sulbar), siap berlabuh di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dalam sebuah festival.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga (Kadispora) Sulbar, Hamzih, saat dikonfirmasi wartawan, Jumat, 22 Juli 2022.

Hamzih mengungkapkan, pihaknya sudah memberikan amanah ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Polman untuk mendesain secara teknis proses festival Sandeq yang akan berlangsung September 2022 mendatang.

“Jadi, Sandeq ini sesungguhnya kita sudah berikan amanah ke Pemkab Polman dibawah komando Bupati Polman, untuk mendesain secara teknis proses festival Sandeq nanti, yang akan berangkat dari Polman menuju IKN,” kata Hamzih.

Namun, kata dia, pihaknya tetap memantau perkembangan persiapan festival Sandeq yang sudah ditetapkan akan dilaksanakan September mendatang.

“Jadi, kita telah menunjuk Ridwan Halimudin sebagai ketua bagian teknik perlombaan, Ishak selaku ketua tim untuk kesenian, serta Ketua panitia lokal, Agusnia Hasan Sulu,” katanya.

Lanjut Hamzih menjelaskan, pihaknya mendapat laporan, sudah ada sebanyak 26 Sandeq yang akan ikut dalam Sandeq race.

“Selebihnya ada Sandeq-sandeq lain yang mengawal dari keberangkatan, termasuk Sandeq itu sebagai salah satu pendamping pada saat berangkat ke IKN,” kata Hamzih.

“Jadi, semuanya sekira 60 Sandeq yang akan berangkat dari Polman, Sulbar, menuju ke IKN,” sambungnya.

Selain itu, kata dia, pihaknya menyiapkan kapal pendamping, pemandu dan sebagainya.

“Saya kira sudah jalan. Kita tidak menggunakan APBD sebagaimana petunjuk Pj Gubernur Sulbar,” katanya.

Bahkan, Pj Gubernur Sulbar, Akmal Malik, sudah memberikan dana stimulan kepada panitia untuk perbaikan Sandeq.

“Saya tidak tau berapa besaran dana yang diberikan Pj Gubernur. Yang pasti, ada uang diberikan kepada panitia festival Sandeq. Pak Pj Gubernur yang memberikan langsung dana melalui transfer ke panitia lokal,” kata Hamzih.

Sponsor pun sudah mulai melirik festival Sandeq. Bahkan, seluruh gubernur se Indonesia sudah mulai melakukan komunikasi dan merespon baik festival tersebut.

“Pertemuan Pj Gubernur dengan sejumlah sekda se Indonesia di Makassar sudah menyampaikan itu dan responnya luar biasa. Termasuk Pemda se Kalimantan sudah merespon baik,” katanya.

“Ini event nasional. Bahkan, saya katakan, ini event dunia karena keterlibatan media dunia pun kita libatkan disitu,” tutup Hamzih.

Untuk diketahui, Sandeq adalah jenis perahu layar bercadik yang telah lama digunakan melaut oleh nelayan Mandar atau sebagai alat transportasi antar pulau.(Adhi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here