10 Parpol Bakal Daftar Pemilu 2024 ke KPU Hari Ini, Ini Daftarnya

0
9
Suasana kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Rabu (8/1). Foto: Andesta Herli Wijaya/kumparan
Advertisement

KPU resmi membuka pendaftaran partai politik bakal calon peserta pemilu 2024 mulai hari ini, Senin (1/8). Pendaftaran akan dibuka selama dua minggu atau sampai Minggu (14/8).

KPU melaporkan, hingga Minggu (31/7), ada 18 parpol sudah melakukan konfirmasi akan mendaftar untuk menjadi bakal calon peserta pemilu 2024.

“Hingga saat ini sudah ada 18 partai politik yang menyatakan untuk mendaftar,” kata Anggota KPU RI August Mellaz.

August kemudian membeberkan, ada 10 parpol akan mendaftar ke KPU di hari pertama pendaftaran ini.

“Data sementara yang konfirmasi ke KPU, untuk 1 Agustus 2022 terdapat 10 partai politik (PDI Perjuangan, Partai Keadilan dan Persatuan, Partai Reformasi, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Nasdem, PRIMA, Perindo, PBB, PPP, dan Partai Gelora),” ucap dia.

Sementara 8 parpol lainnya, mereka akan mendaftar di hari berikutnya ke kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat.

“Sisanya surat pendaftaran untuk tanggal setelah 1 Agustus 2022,” kata August.

Sejumlah bendera partai saat penyerahan Hasil Perolehan Suara dan Data Pemilih Terakhir Pemilu tahun 2019 di Gedung KPU RI, Jakarta, Rabu (29/9/2021). Foto: Jamal Ramadhan/kumparan

Lebih lanjut, selama proses pendaftaran parpol ini, akan dimulai pada pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB. Namun khusus pendaftaran di hari terkahir atau pada (14/8), akan ditutup pukul 24.00 WIB.

Bagi parpol yang akan melakukan pendaftaran harus terlebih dahulu menginformasikan kepada tim Sekretariat Jenderal KPU minimal 1 hari sebelumnya melalui masing-masing Liaison Officer (LO) parpol.

“Hal ini perlu dilakukan untuk mengantisipasi kepadatan jumlah peserta rombongan partai politik yang datang bersamaan di kantor KPU di hari dan jam yang sama,” tutur KPU.

 

Source : www.kumparan.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here